Rabu, 27 Maret 2013

Tulisan Teori Organisai Umum Halaman 1



Nama : Nurma Yeni Yuli Lestari
Kelas : 2 KA 40
NPM : 15111365
Dosen : Lista Kuspriatni

  1. Pengertian Penerimaan
Keuntungan atau profit adalah salah satu tujuan terakhir dari kegiatan perusahaan. Perusahaan harus untung dalam rangka :
  •   Mempertahankan kelangsungan usaha dan perusahaan
  • bMenambah dan memperbesar kapasitas produksi (ekspansi)
Sebuah perusahaan bisa mendapatkan keuntungan baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Dalam jangka pendek keuntungan dibutuhkan untuk mempertahankan kelangsungan usaha sedangkan dalam jangka panjang untuk ekspansi dan memperbesar skala usaha. Bila selisih antara penerimaan dan biaya itulah yang disebut profit. Bila selisih antara penerimaan dan biaya hasilnya negative maka perusahaan mengalami kerugian (loss). Sebaliknya bila selisihnya positif maka perusahaan mengalami keuntungan (benefit). Terkadang perusahaan yang mengalami keuntungan dalam jangka pendek justru akan menuai kebangkrutan dalam jangka panjang, sebaliknya perusahaan yang dalam jangka pendek mengalami kerugian justru akan mendapatkan manfaat dalam jangka panjang. Hal ini tentu saja berhubungan dengan rencana strategis perusahaan. Bila perusahaan hanya menghasilkan barang (atau jasa) yang bersifat konsumsi jangka pendek maka strategi bisnis biasanya bersifat jangka pendek (hit and run). Produk konsumsi jangka pendek misalnya termasuk hamper semua produk primer , sedangkan bila perusahaan menghasilkan produk konsumsi sekunder, maka strategi bisnis yang digunakan biasanya bersifat jangka panjang. Produk (atau jasa) jangka panjang misalnya produk teknologi informasi dan jasa konsultasi.

Didalam memproduksi suatu barang, ada dua hal yang menjadi fokus utama dari seorang pengusaha dalam rangka mendapatkan keuntungan yang maksimum, yaitu ongkos (cost) dan penerimaan (Revenue).
Ongkos sebagaimana telah dijelaskan diatas, maka yang dimaksud dengan penerimaan adalah jumlah uang yang diperoleh dari penjualan sejumlah output atau dengan kata lain merupakan segala pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan hasil dari penjualan hasil produksinya. Hasil total penerimaan dapat diperoleh dengan mengalikan jumlah satuan barang yang dijual atau TR = Q x P. 
Buku Ekonomi Micro Makro Karangan Iskandar Putong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar